Pengobatan Stem Cell Diperkenalkan di Bali

Pengobatan Stem Cell Diperkenalkan di Bali

 Ilmu kedokteran terbaru yakni Stem Cell, akan diperkenalkan di Bali dalam sebuah seminar kesehatan, di Denpasar, Sabtu (1/6/2013). Pengobatan dengan Stem Cell diklaim mampu mengobati 70 jenis penyakit.

Seminar kesehatan tentang Stem Cell ini akan digelar Sabtu pagi (1/6/2013) di Rumah Sakit BROS, Denpasar Bali. Seminar akan menghadirkan beberapa pembicara antara lain Profesor Ketut Sukardika, dr Gede Budi Setiawan, Prof. Liu Lu Guang dan Prof Wang Rong Hua.

“Para ahli dunia kedokteran saat ini terus berupaya mengembangkan teknologi pengobatan ‘stem cells’. Ini karena prosentase tingkat keberhasilan pengobatan dengan metode itu cukup tinggi,” kata Prof Dr Ketut Sukardika, selaku panitia kegiatan seminar kedokteran, di Denpasar, Rabu (29/5/2013).

Teknologi pengobatan Stem Cell, kata Sukardika, sudah diterapkan di negara-negara berkembang dan maju, seperti di negara Cina

“Tujuan dari seminar tersebut untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat, sehingga ketika mengalami gangguan penyakit seperti kanker, diabetes, dan stroke masyarakat sedini mungkin untuk memeriksakan diri ke dokter yang mengembangkan sistem terapi pengobatan ‘stem cells’.

Stem Cell, menurut Sukardika adalah suatu sel hidup yang berasal dari tubuh manusia yang tidak berkembang biak (tidak berdifferensiasi), namun dapat berubah menjadi semua jaringan tubuh kita (pluripotent cell).

Ketika suatu sel telur bertemu dengan sperma kemudian terjadilah proses yang dinamakan pembuahan yang kemudian menghasilkan zygote. Zygote ini kemudian membelah dan terus berkembang dalam fase-fase selanjutnya hingga menjadi embrio. Kemudian embrio berkembang menjadi janin yang semakin lama semakin sempurna hingga pada hari kelahirannya.

Keajaiban penciptaan inilah yang kemudian pada akhirnya menjadi dasar pemikiran bahwa manusia memiliki stem cell dan stem cell ini dapat juga dikloning dan digunakan untuk tujuan pengobatan.

Stem cell terdiri dari 3 jenis yakni Embrionic Stem Cell yang berasal dari embrio manusia dan memiliki plastisitas yang paling tinggi, Umbilical Stem Cell (Berasal dari tali pusat) dan Adult Stem Cell (Berasal dari semua jaringan dewasa). (dev)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s